danau toba

danau toba
selalu ingin kesana

Rabu, 17 November 2010

emang iya????

            
             semua itu atas seijin Tuhan...
             apa, kapan, dimana, bagaimana hanya Dia yang tahu...
             manusia hanya bisa memohon dan mensyukuri




Hidup ini tidak bisa terlepas dari bayang-bayang masa lalu. Juga mimpi-mimpi dan mitos-mitos yang kadang-kadang menurut sebagian orang nggak penting. Ada benarnya juga, persetan dengan itu semua. Jalani saja hidup ini apa adanya. Tapi jika sedang mengalami sesuatu yang ada hubungannya dengan itu semua mau nggak mau suka atau tidak pasti percaya yang walaupun berpikir dua kali.


"Kalau makan jangan berdiri! oppungku selalu bilang begitu jika dia melihat aku atau siapa saja dari antara kami cucunya yang makan sambil berdiri. Nasinya turun sampai ke kaki, betisnya jadi besar", katanya. Padahal dengan berjalan sejauh kurang lebih 3 km setiap hari sudah cukup membuat betisku besar.


Perempuan yang 'pintar' main gitar jodohnya akan jauh. Banyak juga yang percaya itu, tapi bukan berarti perempuan jadi berhenti belajar dan bermain gitar. Buktinya, sekarang banyak sekali perempuan yang jadi gitaris handal.




"Jangan suka nyirih!"  Oppungku juga melarang jika sirihnya dimakan. Nanti dapat duda, padahal biar nggak habis itu sirih. Dasar nenek-nenek pelit!
Jika memiliki tahi lalat di sekitar hidung, hidupnya tidak beruntung. Banyak lagi, dan memang masih banyak.


Adalagi, dulu waktu aku masih kecil kira-kira umur sembilan tahun. Aku suka membanding-bandingkan jempol tangan kiri dan kanan, ingin tahu lebih besar yang mana. Hasilnya jempol kanan yang lebih besar. Ada seorang nenek, tinggal disebelah rumah. Nenek ini sudah tua sekali dan matanya juga sudah rabun dan nyaris buta. Aku bertanya sama nenek ini, "Oppung, kenapa jempol tangan kanan aku lebih besar daripada jempol tangan kiri? Si oppung menjawab " itu artinya nanti kamu akan kaya raya". Wow! Aku senang sekali pastinya dan berhayal tingkat tinggi.


Sekarang aku sudah dewasa (tua kalee), terkadang kalau sendirian aku sering mengingat-ingat itu. Mungkin benar, karena sering makan sambil berdiri betisku memang agak besar. Aku juga bisa main gitar, apa gara-gara itu juga aku belum menikah diusia yang sudah sangat cukup?


Dan semasa kecil aku juga suka nyirih, sampai-sampai pernah dibuatkan oleh ibuku tempat khusus buat aku. Apa aku juga akan kebagian duda? Nggak apa-apa sih... duda bersyarat!
Seingatku, aku tidak memiliki tahi lalat di sekitar hidung. Beberapa tahun terakhir di sekitar hidungku tumbuh tahi lalat. Apa itu juga yang membuat aku tidak seberuntung orang-orang? Entahlah....


Okelah, untuk kali ini aku percaya itu ada hubungannya. Tapi yang membuat aku bingung, kenapa juga aku belum kaya raya seperti yang dikatakan oleh nenek itu? Jangankan kaya raya, hidup pun masih jauh dari layak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar